Sabtu, 17 Oktober 2009

Ulang Tahun "kuansing" Ke-10


Nama : Sesti Julianti
Tugas Art Of Culture
GMP : Ronaldo Rozalino S.Sn



Tidak terasa sudah 10 tahun Kabupaten kuantan singingi berdiri, pasca pemekaran dari dari Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) pada tahun 1999 yang lalu melalui Undang-Undang Nomor 53/1999. Kemaren senin, tanggal 12 Oktober 2009 dikibarkannya bendera merah putih, dan alunan lagu Indonesia Raya, disambut dengan gembiranya suasana saat apel pagi di berbagai instansi dan sekolah-sekolah di kuantan singingi.

Berbagai acara yang di galang oleh Pemda setempat untuk memeriahkan peringatan ulang tahun kabupatennya yang ke 10 ini. Banyak hal yang telah diupayakan untuk kemajuan ‘nagori’ selama 10 tahun silam. Banyak sudah pembangunan yang digerakkan demi tercapainya optimalisasi pelayanan terhadap masyarakat. Mungkin di hari Jadi Kabupaten Kuantan Singingi yang ke 10 ini, saatnya untuk meng-introspeksi apa-apa yang telah dilakukan dan di perbuat selama ini.

Moto “Memacu jalur” semoga dapat terwujud dalam tatanan kehidupan sehari-hari, baik di masyarakat maupun di kalangan Pemerintah Daerah sendiri.

Kehidupan Masyarakat kuantan singingi yang sangat kental dengan adat istiadat, tata cara pergaulan, dan norma-norma agama, telah menjadi identitas nagori, jangan sampai hilang digiling putaran waktu. Tata cara pergaulan muda-mudi yang semakin hari semakin menggila, budaya-budaya impor yang merusak akhlak dan moral ‘anak nagori’, semoga dapat kita bendung dengan Iman dan Ketakwaan kita beragama. Norma adat, dan agama adalah sebuah pegangan yang dilambangkan dengan ‘tali tigo sapilin’ pada lambang Kuantan Singingi.










0 komentar:

Posting Komentar